Coban Talun, Tujuan Rekreasi Air Terjun Favorit di Batu Malang

  • Whatsapp

Coban Talun Malang

Coban Talun termasuk salah satu tempat rekreasi favorit di Batu Malang yang menawarkan pemandangan alam nan indah dan asri. Air terjun yang dikelilingi bebatuan di tengah hutan yang menarik untuk dijelajahi.

Lokasi: Jl. Coban Talun, RT.3/RW.15, Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu.
Map: Cek Lokasi

Coban Talun merupakan salah satu objek wisata air terjun yang patut dikunjungi ketika sedang berada di Jawa Timur. Coban memiliki arti air terjun. Lokasinya yang berada pada sisi barat Gunung Arjuno, air terjun ini akan menyuguhkan panorama alam yang dapat memikat wisatawan yang datang

Di sepanjang perjalanan menuju objek wisata Coban Talun, wisatawan akan menyaksikan keindahan dari pohon pinus dan aneka ragam tanaman hias yang cantik. Tidak hanya itu, wisatawan akan disambut suara alami dari hewan-hewan yang berada di kawasan wisata ini. Setiap wisatawan akan dibuat terpukau ketika menyaksikan langsung pesona air terjun ini.

Selain panorama alamnya, objek wisata ini memiliki wana wisata buatan yang disediakan oleh pengelola sehingga wisatawan tidak akan merasa bosan. Objek wisata ini telah menyediakan berbagai macam fasilitas yang dapat membuat wisatawan merasa nyaman dan menjadikan tempat ini menjadi ideal untuk liburan.

Daya Tarik Wisata yang Dimiliki Coban Talun

Daya Tarik Coban Talun

Image Credit: Facebook.com @cobantalunbatu

Wisata air ini berada diketinggian 950 mdpl. Air terjun ini letaknya strategis dan merupakan hulu dari Sungai Brantas. Air terjun ini memiliki tinggi kurang lebih 30 meter dan di sekelilingnya terdapat tebing serta pada bagian bawah terdapat batu-batu berukuran besar. Debit air terjun ini sebesar 1000 liter per detik.

Berada di perbukitan memberikan suasana alam yang sejuk. Terdapat kabut uap air dalam jangkauan yang cukup luas sehingga wisatawan akan merasa takjub.

1. Air Terjun Istimewa

Objek wisata air terjun ini memiliki area yang cukup luas, arusnya deras, dan merupakan hulu sungai. Aliran air mengalir dari atas ke bawah sangat memukau serta suara gemercik air yang memberikan suasana damai menyempurnakan objek wisata ini. Panorama hijau yang menghiasi menambah istimewa kawasan wisata ini.

2. Panorama Alam Indah Sekitar Air Terjun

Selain dapat menikmati keindahan dari air terjun, panorama alam yang indah patut diacungi jempol. Karena lokasinya masuk ke dalam wilayah hutan lindung, pemandangan hijau yang menghiasi objek wisata ini sangat bervariasi dan memesona. Pepohonan hijau dan asri yang mengitari kawasan wisata ini akan menyambut para wisatawan yang datang.

3. Taman Bunga Coban Talun

Di kawasan objek wisata ini terdapat beberapa wana wisata buatan yang menarik. Salah satu wana wisata yang dapat ditemukan adalah Taman Bunga. Bagi pengunjung yang gemar dengan keindahan dari bunga-bunga tempat ini wajib dikunjungi. Terdapat aneka jenis koleksi bunga yang bervariasi. Taman bunga ini sangat cantik jika dijadikan latar pengambilan foto atau video.

4. Apache Camp

Wana wisata buatan lainnya yang terdapat di kawasan air terjun adalah Apache. Camp ini merupakan wahana yang menyajikan replika budaya dan kampung Suku Apache dari India.

Pada wahana ini terdapat rumah indian lengkap dengan pernak-perniknya dan terdapat kantin. Jika berkunjung ke tempat ini wisatawan bagai diajak merasakan sensasi seru liburan ke India.

Daya Tarik dari Coban Talun

Image Credit: Facebook.com @omahsegitiga

5. Pagupon Camp

Setelah puas menikmati panorama air terjun dan asik bermain di wana wisata buatan, wisatawan akan menemukan jajaran penginapan dengan desain yang unik. Penginapan tersebut memiliki bentuk bangunan seperti replika sangkar burung merpati.

Penginapan tersebut diberi nama Pagupon. Istilah Pagupon ini yang berasal dari bahasa Jawa yang berarti sangkar burung. Wisatawan dapat menyewa penginapan tersebut. Bentuknya yang unik akan sangat bagus dijadikan objek foto atau menjadi latar berfoto.

6. Omah Segitiga

Omah segitiga merupakan penginapan yang bisa wisatawan coba ketika datang kesini. Memiliki kapasitas 5 orang sangat cocok untuk yang datang bersama sekumpulan orang.

7. Warung Oyot

Warung Oyot bukan warung makan dan minum biasa. Selain menyantap hidangan, warung unik ini bagai dihiasi lilitan akar-akar pohon yang dapat dijadikan tempat berfoto oleh wisatawan. Di area warung ini juga terdapat DAM air yang membuatnya menjadi lebih menarik dan berbeda.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Coban Talun

Rute Coban Talun

Image Credit: Google Maps (Ichal Pranata)

Objek wisata Coban Talun terletak di Dusun Wonorejo, kabupaten Batu. Wisata air terjun ini dibuka setiap hari dan mulai beroperasi sejak pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

Perlu diingat apabila berkunjung di musim hujan harus berhati-hati karena ketika hujan turun udara sekitar menjadi lembab dan bebatuan di sekitar ar terjun menjadi licin. Akses menuju lokasi wisata ini mudah, wisatawan dapat menggunakan transportasi pribadi maupun transportasi umum. Dari pusat Kota Batu menuju Coban Talun hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit.

Apabila wisatawan berangkat dari Kota Malang rute yang dilalui Jalan Selecta-Cangar. Jika berangkat dari kota Surabaya rute yang dilalui wisatawan adalah dengan lewat Mojokerto mengambil jalur arah Cangar-Trawas.

Jika wisatawan menggunakan transportasi umum rute yang harus dilalui, mulai dari Stasiun Malang menuju Terminal Arjosari. Selanjutnya, dari terminal Arjosari wisatawan melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum menuju Terminal Landungsari. Kemudian naik angkutan umum berwarna pink dengan tujuan ke arah Terminal Kota Batu.

Setelah itu, menaiki angkutan umum berwarna jingga untuk menuju lokasi objek wisata ini. Sesampainya di lokasi wisatawan dapat turun di depan gerbang pintu masuk. wisata air terjun tersebut.

Harga Tiket Masuk Coban Talun Malang

Harga Tiket Coban Talun

Image Credit: Google Maps (Sanni Mw)

Untuk dapat memasuki dan menikmati kawasan air terjun, wisatawan akan dikenai biaya masuk. Harga tiket masuk area wisata ini cukup terjangkau, yaitu sebesar Rp 10.000. Terdapat beberapa tempat wisata menarik lainnya dekat air terjun.

Tarif berwisata di air terjun sebesar Rp 15.000. Tarif berwisata ke hutan pinus sebesar Rp 5.000. Sedangkan untuk berwisata di Apache Camp, Pagupon Camp, Omah Segitiga, Taman Bunga, dan Warung Oyot dikenakan biaya sebesar Rp 10.000.

Selain itu, terdapat biaya untuk penyimpanan kendaraan. Bagi wisatawan yang membawa kendaraan. Biaya penyimpanan untuk motor sebesar Rp 5.000 dan untuk mobil sebesar Rp 10.000. Dan untuk ojek sebesar Rp 15.000.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Coban Talun

Kegiatan di Coban Talun

Image Credit: Instagram.com @rezhagassi

1. Berenang dan Berendam

Berendam merupakan hal utama yang harus dilakukan ketika berkunjung ke wisata Coban Talun. Di kawasan wisata ini, wisatawan dapat melakukan kegiatan yang berkaitan dengan air seperti membersihkan diri dan menyegarkan diri dengan cara mencuci muka, mandi, berendam dan berenang.

Jika aliran tidak begitu deras wisatawan dapat merelaksasikan tubuh dengan pijatan dari air terjun yang turun dari atas menuju ke bawah.

2. Permainan Air

Selain berenang dan berendam, wisatawan dapat melakukan kegiatan permainan air sederhana dan berekreasi di sekitar objek wisata air terjun ini. Wisatawan tidak akan merasa bosan berada di tempat ini.

3. Fotografi dan Videografi

Objek wisata ini dapat menjadi media bagi wisatawan yang gemar melakukan kegiatan berfoto atau merekam video. Di era ini berfoto menjadi salah satu kegiatan yang wajib dilakukan ketika berkunjung ke suatu tempat.

Pemandangan dari Coban Talun akan sangat menarik jika dijadikan sebagai latar untuk berfoto. Wisatawan dapat mengambil foto dirinya sendiri, bersama teman, bersama pasangan maupun bersama keluarga di objek wisata ini. Hasil foto atau video dapat disimpan sebagai koleksi pribadi atau dibagikan di laman media sosial.

4. Bersantai dan Relaksasi

Suasana alami dan damai yang ditawarkan sekitar air terjun ini sangat cocok dijadikan tempat untuk bersantai dan relaksasi oleh wisatawan yang datang. Selain itu, objek wisata ini terbilang luas. Wisatawan dapat bersantai sembari memulihkan diri di kawasan wisata ini.

5. Berkunjung ke Taman Bunga Coban Talun

Di kawasan wisata terdapat taman bunga yang menarik. Taman bunga ini memiliki koleksi aneka ragam bunga. Wisatawan yang datang dapat menikmati kecantikan dan harumnya bunga-bunga tersebut. Dipenuhi bunga bunga yang indah pengujung akan merasa betah berada di kawasan wisata ini. Terdapat banyak tempat bagus untuk berfoto disini.

6. Berkunjung ke Apache Camp

Terdapat Apache Camp yang merupakan objek wisata yang terinspirasi dari suku Apache di India. Wisatawan dapat merasakan sensasi seperti berada di India. Wisatawan dapat berdandan ala suku Indian. Jika berfoto disini hasilnya akan memberikan kesan yang unik. Objek wisata ini cocok untuk semua golongan umur.

7. Berkunjung Pagupon Camp

Penginapan dengan bentuk bangunan yang unik menyerupai sangkar burung merpati akan sangat menarik bagi wisatawan. Wisatawan dapat menginap di tempat ini dan merasakan sensasi bagai menyatu dengan alam sekitar.

Karena bangunannya yang unik serta panorama alam sekitar yang memesona banyak dari wisatawan memilih berkunjung ke tempat ini untuk berfoto daripada menginap. Di dalam penginapan ini tersedia fasilitas diantaranya kamar mandi dan kamar tidur. Di sekitar area penginapan ini tersedia tempat ibadah berupa musala, rumah pohon, kantin hingga taman bunga.

8. Berkunjung Omah Segitiga

Selain Pagupon Camp dan Apache Camp terdapat satu lagi penginapan, yaitu Omah Segitiga. Omah Segitiga sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menginap dengan rombongan saat berkunjung ke Coban Talun.

9. Makan dan Minum di Warung Oyot

Setelah berkegiatan di air terjun ini, wisatawan dapat mengisi perut di warung ini. Wisatawan dapat berburu kuliner sembari menikmati keindahan alam di kawasan wisata yang dijamin memanjakan akhir pekan Anda.

Fasilitas yang Tersedia di Coban Talun Malang

Fasilitas di Coban Talun Malang

Image Credit: Instagram.com @resika.wedding

Objek wisata ini dikelola oleh Perhutani Kawasan Batu, Malang dibantu oleh pihak swasta. Fasilitas yang tersedia di objek wisata Coban Talun dapat dikatakan cukup lengkap. Di kawasan ini terdapat wana buatan mulai dari Taman Bunga hingga Warung Oyot.

Sedikit jauh dari lokasi objek wisata ini terdapat jasa rafting atau arum jeram. Di area objek wisata ini tersedia motor trail berjenis ATV atau beroda empat yang dapat wisatawan coba untuk berkeliling sembari menikmati suasana alam sekitar. Harganya pun cukup terjangkau.

Fasilitas pendukung lainnya yang terdapat di objek wisata ini diantaranya tempat ibadah berupa musala, balai serbaguna, area tempat penyimpanan kendaraan yang luas, kantin, dan penginapan. Ketersediaan fasilitas yang lengkap dapat membuat wisatawan merasa nyaman, aman dan puas ketika berada di lokasi objek wisata ini.

Itulah beberapa info menarik mengenai daya tarik, fasilitas, alamat, dan rute perjalanan menuju objek wisata Coban Talun. Jika, sedang berada di Batu, Jawa Timur tidak boleh melewatkan kunjungan ke tempat wisata yang memesona ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *