Hasil Pilkada Tangsel Digugat ke MK? Begini Syarat Bagi Paslon Bisa Ajukan Gugatan

  • Whatsapp

PENAPOLITIKA.COM – Rapat penghitungan suara Pilkada Tangsel sudah rampung digelar KPU Setempat. Pasangan calon  Walikota-Wakil Walikota kota nomor urut 1 Muhamad-Rahayu Saraswati Djodjohadikoesoemo, mendapat perolehan suara sebanyak 205.309.

Pasangan calon Walikota-Wakil Walikota nomor urut 2 siti Nur Azizah-Ruhama Ben mendapat perolehan suara sebanyak 134.682 suara. Walikota-Wakil Walikota nomor urut 3 Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan, mendapat perolehan 235.734 suara.

Bacaan Lainnya

“Hasil pleno rekapitulasi suara tingkat kota yang baru diputuskan tersebut, suara sah dalam Pilkada Tangsel, tahun 2020 ini sebanyak 575.725 suara dan jumlah suara tidak sah sebanyak 18.986 suara,” ungkap Plt Ketua KPU Tangsel M. Taufik MZ, dalam pembacaan pleno rekapitulasi suara Pilwakot Tangsel, di Hotel Grand Zuri, BSD, Kamis (17/12/2020) lalu.

Meski demikian, pasangan Muhamad-Saras nampaknya tidak puas dengan Pilkada Tangsel. Mereka pun berencana melayangkan gugatan ke MK. Rencana gugatan ditandai dengan ditolaknya penandatanganan hasil pleno KPU oleh saksi pasangan tersebut pada pleno sebelumnya.

Padahal sebelumnya, mereka sudah legowo dengan kekalahan ini dan menyampaikan ucapan selamat serta saran kepada paslon Benyamin-Pilar untuk berbuat adil kepada masyarakat Tangsel.

“Yang pertama banyak kita temukan kejanggalan-kejanggalan pada proses rekapitulasi yang mengakibatkan jadinya banyak kesalahan dan perbaikan,” kata juru bicara tim Muhamad – Saras, Drajat Sumarsono, terkait Pilkada Tangsel.  

Kedua, klaimnya, tim Muhamad – Saras masih menemukan terkait kegiatan Aparatur Sipil Negara yang seharusnya netral, tetapi terindikasi ada gerakan dukungan paslon nomor 3 Benyamin Davnie – Pilar Saga Ichsan.

“Ketiga menyayangkan sikap lurah-lurah yang salah satunya ditunjukkan oleh Lurah Saidun yang melakukan politik sara yang mendelegitimasi paslon nomor 1,” klaim Drajat.

Sesuai prosedur, ia lanjutkan, pendaftaran sengketa hasil penghitungan suara ke MK dibuka ruang 3X24 jam mulai putusan pleno dilaksanakan. Tim hukum Muhamad – Saras kini masih merumuskan gugatan.

Drajat pastikan pengajuan gugatan merupakan hak setiap warga negara yang diatur oleh konstitusi. Ia mengaku sangat optimis gugatan kubunya dapat dikabulkan oleh MK. “(Daftar) paling lambat Selasa, tapi InsyaAllah sebelum Selasa,” tegasnya.

Berita ini sudah tayang di : https://penapolitika.com/hasil-pilkada-tangsel-digugat-ke-mk-begini-syarat-bagi-paslon-bisa-ajukan-gugatan/

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *