Pilkada 2020: Pasangan Suami-Istri, Ibu-Anak di Daerah Ini ‘Kompak’ Menang

  • Whatsapp

PENAPOLITIKA.COM – Pilkada serentak 2020 sudah selesai digelar 9 Desember lalu. Dan hasilnya pun sudah diketahui berdasarkan hasil pleno penghitungan suara KPU di masing-masing daerah.

Di balik pagelaran pesta demokrasi lima tahunan ini, ada hal menarik. Yakni ‘kompak’ nya pasangan suami-isteri maupun ibu dan anak dari sejumlah kontestan Pilkada 2020 tersebut menang. Meskipun beda daerah atau tingakatan, tetapi masih di satu provinsi.

Bacaan Lainnya

Pilkada Kepulauan Riau (Kepri) misalnya. Pasangan suami istri Muhammad Rudi dan Marlin Agustina sama-sama menjadi pemenang pada Pilkada serentak 2020.

Muhammad Rudi kembali terpilih sebagai wali kota Batam bersama wakilnya, Amsakar Ahmad. Keduanya merupakan petahana. Sementara sang istri, Marlin Agustina, terpilih menjadi Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, mendampingi Gubernur Provinsi Kepulauan Riau terpilih, Ansar Ahmad.

Demikian hasil rapat pleno penetapan hasil Pilkada serentak 2020 tingkat provinsi yang digelar KPU di Hotel CK Tanjungpinang, dikutip dari Antara, kemarin.

Pasangan Muhammad Rudi-Amsakar Ahmad meraih sebanyak 267.497 suara dari total 366.135 pemilih yang menggunakan hak suaranya, sekaligus mengalahkan pasangan calon nomor urut 01, Lukita Dinarsyah Tuwo-Abdul Basyid, yang meraih 98.638 suara.

Sementara di Pilgub, pasangan Ansar ahmad-Marlin Agustina menjadi peraih suara terbanyak, yaitu 308.553 suara. Pasangan calon yang didukung empat partai politik (Partai Golkar, Partai NasDem, PPP, dan PAN) itu menang di lima kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Riau.

Pasangan calon dengan sebutan “AMAN” itu mengalahkan nomor urut 02, Isdianto-Suryani ,yang meraup 280.160 suara, disusul pasangan calon nomor urut 01, Soerya-Iman, meraih 183.317 suara.

Anggota KPUD Provinsi Kepulauan Riau, Arison, mengatakan, proses pleno berjalan baik dan tidak terjadi persoalan menghambat.

Bagi pihak-pihak yang tidak puas terhadap hasil pleno tersebut, dapat melayangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). “Pasangan calon yang ingin membuat gugatan, terbuka ruangnya selama tiga hari setelah pleno ini diputuskan,” kata dia.

Pilkada di Provinsi Banten

Sementara Pilkada di Provinsi Banten, ada ibu dan anak yang sama-sama terpilih sebagai kepala daerah maupun wakil. Mereka yakni Ratu Tatu Chasanah- Pilar Saga Ichsan.

Ratu Tatu Chasanah merupakan ibu dari Pilar Saga Ichsan, calon Wakil Walikota Tangsel terpilih yang mendampingi Benyamin Davnie sebagai calon Walikota. Pasangan Benyamin-Pilar Saga dinyatakan pemenang Pilkada 2020 berdasarkan pleno KPU Tangsel.

“Kami mulai rapat pleno Rabu (16/12/2020) dan hari ini kami sudah menetapkan perolehan hasil dari rapat terbuka rekapitulasi pemilihan wali kota dan wakil wali kota Tangerang Selatan 2020,” kata Plt Ketua KPU Tangsel M Taufik MZ, sebelumnya.

Dari total 594.711 suara dari 2.963 TPS di Tangsel yang telah direkapitulasi, pasangan Benyamin-Pilar mendapat perolehan tertinggi dengan 235.734 suara. Pasangan calon nomor urut satu Muhamad-Rahayu Saraswati Djojohadikusumo (Sara) memperoleh 205.309 suara. Sementara itu, pasangan calon nomor urut dua Siti Nur Azizah-Ruhamaben mendapatkan 134.682 suara.

Sementara Ratu Tatu Chasanah sendiri merupakan Bupati Serang yang kembali terpilih untuk kedua periode kedua. Ratu Tatu yang berpasangan dengan Pandji Tirtayasa berdasarkan pleno KPU unggul di hampir seluruh kecamatan atas pasangan Nasrul Ulum-Eki Baihaki.

Pasangan Tatu-Pandji diusung oleh 10 partai politik yakni Golkar, PAN, PDIP, PBB, PKS, PPP, Hanura, Berkarya, Nasdem, dan PKB. Sedangkan Nasrul-Eki diusung partai Gerindra dan Demokrat. [asa]

Berita ini sudah tayang di : https://penapolitika.com/pilkada-2020-pasangan-suami-istri-ibu-anak-di-daerah-ini-kompak-menang/

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *